Rabu

Bulan Ramadhan

WA ROBBUKA YAKHLUQU MAAYASYAA-U WA YAKHTAARUMAA KAANA LAHUMUL KHIYAROTU SUBHAANALLOOHI WA TA’AALAA 'AMMA YUSYRIKUUNA. (Al-Qoshosh / ayat 68)
Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).

  1. Alloh Ta’ala menciptakan apa-apa yang ia kehendaki
  2. kemudian Alloh ta’ala memilihnya sendiri
  3. Alloh Ta’ala maha besar Maha Bijaksana, oleh karena segala apa-apa yang ia pilih sendiri pastilah mengandung hikmah yang besar. Mustahil tidak ada hikmahnya yang besar
  4. Hikmah itu adanya di balik apa-apa yang tampak, yang tersurat, akala manusia kadang dapat mengetahui hanya sebagian kecil saja, akan tetapi kebanyakan tidak mengetahuinya, atau tidak dapat menjangkau samapi kesana
  5. Oleh sebab itu, apablia akal kita tidak dapat mengetahui hikmhnya sesuatu yang dipilih oleh Alloh Ta'ala, janganlah terburu-buru mengatakani tidak ada  hikmahnya, yang patut kita mengatakan akal kita belum mengetahui hikmahnya. Mudah-mudahan di lain waktu kita dapat mengetahui hikmahnya. Memang menurut AI-Quran hanya orang­orang tertentulah yang dipilih oleh Alloh Ta'ala dapat mengetahui hikmah-hikmah yang di balik tabir kenyataan-kenyataan itu.
***

1. SHUHUF IBROHIM ‘ALAIHISSALAM
ALLOH TA'ALA menurunkan Kitab Suci Shuhuf Ibrohim sejumlah 10 (sepuluh) Kitab. Adapun bulan yang Alloh Ta'ala pilih untuk ketentuan turunnya Kitab Shuhuf Ibrohim itu pada Bulan Romadlon malam tanggal 1 (satu).
2. KITAB SUCI TAUROT  UNTUK NABIYULLOH MUSA ‘ALAIHISSALAM
ALLOH TA'ALA menurunkan satu Kitab Suci Taurot kepada Nabiyyulloh Musa 'Alaihissalam. Adapun bulan yang Ia tentukan untuk turunnya Kitab Taurot pada Bulan Romadlon malam tanggal 6 (enam).
3. KITAB SUCI  ZABUR UNTK NABIYULLOH DAWUD ‘ALAIHISSALAM
ALLOH TA'ALA menurunkan satu Kitab Suci Zabur kepada Nabiyyulloh Dawud  'Alaihissalam. Adapun bulan yang Ia pilih untuk turunnya Kitab Zabur pada Bulan Romadlon malam tanggal 18 (delapan belas).
4. KITAB INJIL UNTUK NABIYYULLOH ISA ‘ALAIHISSALAM
ALLOH TA'ALA menurunkansatu Kitab Suci Injil kepada Nabiyyuloh Isa 'Alalhissalam. Adapun bulan yang Ia pilih untuk turunnya Kitab Injil pada bulan Romadlon malam tanggal 13 (tiga belas).
5. KITAB SUCI AL-QUR-AN UNTUK NABIYULLOH MUHAMMAD ‘ALAIHISH SHOLATU WASSALAM
ALLOH TA’ALA menurunkan satu Kitab Suci Al Qur-an kepada Nabiyyulloh Muhammad 'Alalhish Sholaatu Wassalaam. Adapun bulan yang Ia pilih untuk turunnya Kitab Suci Al Qur-an pada Bulan Romadlon malam tanggal 17 (tujuh belas).
6. LAILATUL MUBAROKAH
Ada satu malam yang dinamakan Malam. Al Mubarokah atau Lailatul Furqon. Adapun adanya malam Al Mubarokah itu ditentukan oleh Alloh Ta'ala adanya pada Bulan Romadlon malam tanggal 17 (tujuh belas).
7. LAILAITUL QODAR
Ada satu malam yang nilai kebaikannya melebihi 1000 (serlbu) bulan. Malam itu dinamakan Malam Al QODAR. Adapun adanya ditentukan oleh Alloh Ta'ala pada malam tanggal 27 (dua puluh tujuh) Bulan Romadlon.
8. DELAPAN PINTU SURGA
Pintu surga itu ada 8 (delapan) jumlahnya. Semuanya dibuka dalam 1(satu) bulan. Adapun bulan yang ditentukan untuk bukanya pintu surga yang 8 (delapan) itu hanya di Bulan Romadlon.
9. PINTU JAHANNAM ADA 7 (TUJUH)
Semua pintu jahannam sejumlah 7 (tujuh) itu semuanya ditutup. Adapun bulan yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk tutupnya pintu jahannam itu hanya di Bulan Romadlon
10. SYAITHON-SYAITHON DIBELENGGU
Semuanya syaithon dalam 1(satu) bulan dibelenggu. Adapun bulan yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk membelenggu syaithon itu hanya di Bulan Romadlon.
11. AMAL-AMAL KEBAIKAN PAHALANVA DILIPAT GANDAKAN
Semua amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya bagi yang mengamalkan. Adapun bulan yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk melipat gandakan pahala amal kebaikan itu pada Bulan Romadlon.
12. DO'A-DO'A DIQOBULKAN
Do'anya hamba-hamba yang berdo'a akan diqobulkan. Adapun bulan yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk mengqobulkan do'a itu ialah di Bulan Romadlon
13. DOSA-DOSA DIAMPUNI
Dosa-dosa hamba akan dirontokkan oleh Alloh Ta'ala bagaikan  rontoktnya daun‑ daun yang berguguran dari pohonnya. Adapun bulan. yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk merontokkan dosa­ dosa hamba itu pada Bulan Romadlon.
14. DIAMNYA HAMBA DINILAI MEMBACA SUBHAANALLOH
Diamnya hamba-hamba akan dinilai sebagai nilai membaca Subhaanalloh. Adapun bulan yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk menilai diamnya hamba-hamba Alloh sebagai nilai membaca Subhaanalloh itu pada bulan Romadlon.
15. WAJIB PUASA 1 (SATU) BULAN TIAP-TIAP 1 (SATU) TAHUN
Ummat-ummatnya Nabi-Nabi yang dahulu semuanya di wajibkan puasa 1(satu) bulan. Adapun bulan yang dipilih oleh Alloh Ta'ala untuk ibadah puasa 1(satu)bulan hanya Bulan Romadlon.
16. UMMAT ISLAM WAJIB PUASA 1(SATU) BULAN
Ummat Islam diwajibkan -  berpuasa 1(satu) bulan. Dan bulan yang ditentukan oleh Alloh Ta'ala adalah Bulan Romadlon.
17. JUMLAH NABI 124.000 (SERATUS DUA PULUH EMPAT RIBU) NABI
Jumlah Nabi 124.000 (seratus dua puluh empat ribu) Nabi. Dan untuk penutup Nabi dari 124.000 (Seratus dua puluh empat ribu) Nabi itu, bulan yang diplih oleh AllohTa'ala ialah Bulan Romadlon.
18. SYAHRULLOH
Setahun 12 (dua betas) bulan. Dan bulan Yang dipilih oleh Alloh Ta'ala disandarkan kepada Diri-Nya Alloh hanyalah Bulan Rojab dan Bulan Romadlon.
Para pembaca, apa-apa yang telah saya sebutkan diatas itu hanya sekelumit saja dari keutamaannya Bulan Romadlon semuanya itu kami nukil dari hadits-hadits Nabi.
Adapun secara keseluruhannya tentang hal-­hal yang mengenai keutamaannya bulan Romadlon, akal kami tidak mungkin dapat menjangkaunya, hanya Alloh  dan Rosul – Nya lah yang dapat mengetahuinya.
Kita ummat Islam diberi kesempatan oleh Alloh Ta'ala dengan seluas-luasnya untuk bisa mencerap nilai semua keutamaan- keutamaan, kemulyaan-kemulyaan, kerohmatan, kebarokahan yang terkandung di dalam bulan Romadlon dengan puasa bulan Romadlon, agar semuanya itu tercerap ke dalam ruhani kita agar umur kita ini bisa menjadi umur Al Qodar.

Tidak ada komentar: