Rabu

Hikmah Shalat dan Wudhu

Hikmah Sholat.
Hikmahnya diantaranya : Diterangkan dalam Alqur-an :
(INNAS SHOLAATA TANHAA 'ANIL FAKHSYAA'I WAL MUNGKAR)

"Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan fakhsya' dan mungkar ".
Oleh karena dalam Alqur-an telah diterangkan bahwa sholat itu bisa mencegah dari fakhsya' dan mungkar maka mestinya orang yang mengerjakan sholat itu mempunyai atsar jauh dari fakhsya' dan mungkar. Tapi kenyataannya bagaimana ? Banyak orang yang mengerjakan sholat tapi tetap dekat dengan fakhsya' dan mungkar. Dan jika sholatnya tidak sampai bisa menjauhkan dari fakhsya' dan mungkar maka akan mendapat neraka Wel.
(FAWAILUL LIL MUSHOLLIIN)

"Maka neraka Wel bagi orang yang mengerjakan sholat" ( yang sholatnya tidak sampai menjauhkan dari perbuatan fakhsya' dan mungkar ). Atau tidak bisa sampai pada hikmahnya.
Jadi adanya sholat yang tidak bisa mencegah dari fakhsya' dan mungkar adalah karena sholatnya tidak bisa mencapai hikmah.
Hikmah wudlu'.
Hikmahnya wudlu diantaranya:
* Dari pekerjaan berkumur ;supaya lesannya yang akan diisi dengan Takbir, tasbeh, fatehah dst itu tidak asal bicara, tidak berdusta, tidak mengumpat, memfitnah, ghibah dll.
Tapi kenyataannya bagaimana?.  Bersihkah lesannya setiap orang yang berwudlu' dari perbuatan-perbuatan buruk?. Tidak, kebanyakan hanya bersih lesannya dari kotoran-kotoran dalam mulut.
* Membasuh tangan; supaya tangan bersih dari perbuatan fakhsya' dan mungkar. Tapi bersihkah tangan mereka dari fakhsya' dan mungkar? Tidak.
Semua itu sebabnya adalah karena wudlunya tidak sampai pada hikmah. Dan bila wudlunya tidak sampai menyentuh hikmah, ibarat kelapa hanya sampai pada sepet dan tempurungnya saja, tidak sampai pada santannya.

Selamat berjuang !!

Tidak ada komentar: